SELAMAT DATANG di BLOG ADMIN SIAK...... Harap Beri Komentar atau Pesan untuk Pertukaran Informasi

09 Januari 2009

Blog Admin SIAK perlukah?

Sepulang dari Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (18 Agustus 2008), kampung kelahiran dan dibesarkan. Terungkap dalam benakku satu pertanyaan, "Perlukah dibuat dan dikembang Blog Admin SIAK ?". Pertanyaan ini muncul, saat memberi penjelasan tentang Persiapan dan konfigurasi Penerapan SIAK2008 di Medan (14 Agustus 2008). Bahwa tidak sedikit administrator SIAK dan Kepala Dinas bertanyak mulai dari cara operasional SIAK sampai dengan database oracle (SIAKDB).

Sepulang perjalanan dinas dari Sumut, tugas harian pun menanti, membimbing calon operator Aplikasi SIAK. Mulai dari cara membuka akses aplikasi SIAK, cara operasional berbagai modul, sampai dengan cara cetak Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Akta-akta Catatan Sipil. Minggu-minggu berikutnya, disibukkan dengan membimbing calon administrator database SIAK, khususnya tentang SQL Statement dan terapannya untuk pengelolaan database (SIAKDB).

Dari berbagai tugas yang dilaksanakan, baik di lingkungan Ditjen. Administrasi Kependudukan maupun di daerah, pertanyaan seputar "Perlukah dibuat dan dikembang Blog Admin SIAK ?" kian terasa tantanganya untuk menjawab, "Ya, Blog SIAK diperlukan". Alasannya, jumlah instruktur aplikasi SIAK dan Database Oracle (SIAKDB) sangat terbatas. Jumlah kabupaten/kota yang menerapkan SiAK kian hari kian bertambah. Seiring bertambahnya kabupaten/kota yang menerapkan SiAK, ternyata berbanding lurus dengan banyaknya pertanyaan seputar penerapan SIAK. Di sisi lain, waktu, anggaran dan jarak berbanding terbalik dengan banyak pertanyaan yang harus dijawab.

Pertanyaan berikutnya. Apa hubungan Blog SIAK dengan penerapan SIAK untuk pelayanan dokumen administrasi kependudukan (KK, KTP, Akta-akta Catatan Sipil) ? Seperti diulas di atas, bahwa banyaknya pertanyaan seputar penerapan SIAK berbanding terbalik dengan waktu, anggaran dan jarak. Mari kita berandai, misalnya 20 Administrator SIAK dari berbagai kab/kota bertanya tentang hal yang sama via telepon (kantor atau HP) pada waktu bersamaan, maka 20 penanya antri untuk mendapat jawaban yang sama. Di lain waktu, 10 Administrator SIAK dari kab/kota berbeda mengharapkan segera mendapat fasilitasi teknis atas kasus komputer server yang "berulah". Sementara mereka sedang sibuk pelayanan dokumen administrasi kependudukan.

Dengan adanya blog sangat memungkin para Administrator SIAK mendapat jawaban tanpa harus antri. Di sisi lain, sang penjawab tidak perlu menjawab pertanyaan yang sama lebih dari satu kali. Demikian pula para Administrator SIAK yang sedang kebingungan menangani kasus komputer server "berulah". Oleh karena dengan membaca blog ini, diharapkan para Administrator SIAK menemukan solusi atas kasus yang sedang dihadapi, sehingga tenaga teknis dari Jakarta tidak perlu didatangkan. Dengan kata lain, menghubungi via telepon atau mengundang salah satu instrukur sudah barang tentu membutuhkan waktu dan biaya (anggaran) perjalanan dinas ke kab/kota, dimana jarak antar kab/kota tidaklah berdekan.

Pertanyaan berikutnya. Apakah semua pertanyaan Administrator SIAK akan terjawab dengan membaca blog ini, atau apakah semua kasus akan dapat tertangani dengan membaca blog ini? Sudah barang tentu tidak. Karena para instruktur juga masih manusia biasa dan sehari-hari tugasnya tidak melakukan pelayanan dokumen administrasi kependudukan. Sementara pertanyaan, biasanya dilatar belakangi adanya kasus yang ditanyakan oleh pimpinan atau penduduk. Demikian pula dengan kasus komputer server, bahwa para instruktur tidak memungkinkan membuat modul dan simulasi terhadap seluruh temuan kasus. Di sisi lain, temuan kasus antar kab/kota cenderung berbeda. Oleh karena itu, blog ini diharapkan sebagai salah satu media catatan (media lain, kunjungi http://www.adminduk.depdagri.go.id/) atas pertanyaan-pertanyaan baru serta catatan oleh-oleh dari lapangan atas penyelesaian kasus. Dengan demikian diharapkan kian hari kian bertambah khasanah blog ini. Semoga.

OK, pertanyaan terakhir. Apa nama blog yang akan dibuat dan kapan ditayangkan? Pikir punya pikir, nama blog yang mudah dingat oleh Admin SIAK, yaaa Admin SIAK. Ditayangkan 2-3 hari setelah hari ulang tahun, 06 Januari 2009.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Selamat & Salut... buat Pak Soleh... ditengah kesibukan rutin nya masih punya waktu buat Blog...
Blog ini sangat perlu rasa nya cause masuk ke Help Desk SIAK ribet.....hehhhe
KAlo disini kan bisa kita curhat sama"....

Anonim mengatakan...

Gud work, pak.. Hehe..
Bloknya bagus buat informasi bagi para admin..
Meskipun uda gak ngurusin SIAK (retired) :(, bagus buat nambah ilmu n' nostalgia.. :D
Btw, thanks a lot buat pinjeman sepatu kemarin (agak kegedean tapi) :D

Sukses selalu pak..

Anonim mengatakan...

Nama :Lueki Asari
Kab. Mukomuko
saya mau usul, pihak adminduk memberikan rujukan tempat klu ada maslah hardware system ditingkat kabupaten/kota,,,sejenis konsultan secara terpusat...tapi anggarannya di bebenakan pada adminduk....karena didaerah, kadang-kdang sangat kesulitan dalam hal akses informasi...

Admin mengatakan...

Buat Lueki Asari di Kab. Mukomuko, Prov. Bengkulu

Usulnya relatif cukup menarik, tetapi lebih menarik lagi kalau para Pengelola SIAK Kab./Kota, Prov. dan Pusat dapat melakukan troubleshooting hardware system, agar tidak ketergantungan kepada pihak III.

Terkait dengan anggaran untuk konsultan dibebankan pada Adminduk perlu pertimbangan berbagai pihak, terlebih era otonomi saat ini.

Posting Komentar

Mau komentar? Silahkan tuliskan Nama dan asal Kab/Kota
Maaf, komentar bernada spam akan dihapus!